RSS Feed

Peluncuran Uang Nominal 1000 dan 10000 Baru

Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Humas BI Dyah Makhijani, di Bandung, Selasa pagi, mengatakan, peresmian peluncuran dua uang baru itu akan dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Boediono di Gedung BI Bandung.

Dyah menjelaskan bahwa uang logam rupiah pecahan 1.000 bergambar Garuda Pancasila pada bagian depan dan gambar angklung dengan latar belakang Gedung Sate Bandung.

Uang tersebut berwarna putih keperakan, yang terbuat dari besi baja dilapisi nikel.

Sementara perubahan pada uang kertas pecahan 10.000 bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau "up-grading" yang dilakukan terutama pada warna dominan yang semula ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan.

Meski terdapat pula perubahan pada unsur pengaman lainnya, namun demikian elemen desain utama seperti bahan uang, gambar utama dan ukuran uang tetap atau tidak berubah.

"Uang kertas pecahan Rp10.000 desain lama masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah sebelum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI," katanya.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Nusa Tenggara Timur, Prof Dr Vincent Gaspersz SE.MM menilai peluncuran uang baru saat ini sebagai salah satu indikasi menurunnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS.

"Memang, nilai tukar rupiah secara riil--setelah memperhitungkan inflasi--semakin menurun dari tahun ke tahun. Sekarang ini di kota-kota besar nilai uang Rp1.000 hampir tidak berarti apa-apa lagi," katanya di Kupang, Selasa (20/7).

Ia mengatakan hal ini menanggapi kebijakan Bank Indonesia pada tanggal 1 Juni lalu, mengeluarkan uang pecahan baru dengan nominal Rp10.000 dan koin Rp1.000 yang baru diluncurkan hari ini (Selasa, 20/7) di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Gaspersz, dampak dari penerbitan uang pecahan baru dengan nominal Rp10.000 dan koin Rp1.000 itu, menunjukkan bahwa inflasi di Indonesia riilnya cukup tinggi, karena nilai uang kian tergerus, meskipun Bank Indonesia memiliki alasan tersendiri dari penerbitan pecahan uang tersebut.

Ia mengatakan Bank Indonesia mengeluarkan pecahan uang baru Rp10.000, kemungkinan juga karena memiliki kemiripan warna dengan uang nominal Rp100.000 yang sering tertukar.

"Bedanya, pada Rp10.000 dulu, warnanya merah keunguan dan yang baru warnanya berubah menjadi biru muda, sehingga masyarakat tidak keliru dalam transaksi," katanya menganalisa peluncuran uang baru tersebut.

Sedang, koin Rp1.000 baru bahannya terbuat dari aluminium dengan gambar belakang sebuah kesenian tradisional Angklung untuk membedakan koin Rp1.000 lama yang warnanya percampuran perak dan emas.

Dosen Ekonomi Pasca Sarjana Unwira Kupang ini mengatakan, inflasi di Indonesia memang tinggi dibandingkan negara-negara maju seperti Amerika, Singapura, Jepang dan negara-negara Eropa lainnya.

Hal ini terjadi karena tingkat suku bunga tabungan dan pinjaman di Indonesia yang masih tinggi dimana suku bunga tabungan sekitar tujuh persen dan suku bunga pinjaman sekitar 12 persen, katanya.

"Di AS, suku bunga tabungan hanya 0,25 persen, bahkan di Jepang, suku bunga tabungan nol persen.

Artinya, tingkat inflasi riil di Indonesia jauh lebih tinggi dari negara-negara tersebut," katanya mencontohkan.

Ia mengatakan pada Juni 2010, tingkat inflasi di Indonesia mencapai 0,97 persen setelah mengalami inflasi terburuk 0,29 persen pada Mei 2010.

Untuk inflasi tahun kalender nasional sampai dengan bulan Juni 2010, sebesar 2,42 persen dan inflasi year on year (yoy) atau perbadingan inflasi tahunan nasional bulan Juni 2010 sebesar 5,05 persen.

Dengan adanya peluncuran uang baru tersebut mengindikasikan bahwa tingkat inflasi di Indonesia secara riil masih tinggi, sehingga nilai mata uang kian tergerus, demikian Vincent Gaspersz. (Ant)

 

Mon, 9 Aug 2010 @14:41


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+6+4

Desa Cikeruh
image

Desa Cikeruh

0227782330


Cikeruh Maju Mandiri
Artikel Terbaru
Arsip

geo
Terjemahkan

Facebook

ALEXA
Chat Box


ShoutMix chat widget

Perangkat Desa

Struktur Organisasi

Warta

Komentar Terbaru

Page Rank
Tanggal

Blogdigger

View blog top tags

Tukar Link

”Anto84

Tukar Link Blog

SEO STAT
blog rekan

AW SURVEYS

Copyright © 2017 Mang Deni · All Rights Reserved